ventolin

ventolin

Selasa, 09 November 2010

OBAT ASMA : SALBUTAMOL ( VENTOLIN )

SALBUTAMOL ( VENTOLIN )
EFEK SAMPING VENTOLIN
    Berhenti menggunakan Ventolin dan mendapatkan bantuan darurat medis jika Anda memiliki salah satu tanda-tanda reaksi alergi: gatal-gatal, kesulitan bernafas, pembengkakan pada wajah Anda, bibir, lidah, atau tenggorokan.Panggil dokter Anda sekaligus jika Anda memiliki efek samping yang serius seperti: 
a. bronkospasme (mengi, dada sesak, kesulitan bernapas), terutama setelah memulai tabung baru dari obat ini;
b. dada nyeri dan cepat, berdebar, atau tidak rata denyut jantung; 
c. tremor, gugup; 
d. rendah kalium (kebingungan, denyut jantung tidak merata, haus yang ekstrim, buang air kecil meningkat, ketidaknyamanan kaki, kelemahan otot atau merasa lemas)
e. berbahaya tekanan darah tinggi (sakit kepala parah, penglihatan kabur, berdengung di telinga Anda, kecemasan, kebingungan, sakit dada, sesak napas, detak jantung tidak merata, kejang). 
Kurang efek samping yang serius bisa meliputi:
  • sakit kepala, pusing, gugup;
  • masalah tidur (insomnia);
  • batuk, suara serak, sakit tenggorokan, hidung meler atau tersumbat;
  • kering mulut dan tenggorokan;
  • nyeri otot, atau
  • diare.

Bagaimana seharusnya saya menggunakan Ventolin?

    Gunakan Ventolin persis seperti yang ditentukan untuk Anda. Jangan gunakan obat dalam jumlah besar, atau menggunakannya lebih dari yang direkomendasikan oleh dokter Anda.Ikuti petunjuk pada label resep Anda.
    Ventolin dapat meningkatkan risiko kematian asma-terkait.Hanya menggunakan dosis yang diresepkan obat ini dan mengikuti semua petunjuk pasien untuk penggunaan yang aman.Bicarakan dengan dokter tentang risiko individu dan manfaat menggunakan Ventolin.
    Saat menggunakan perangkat penghirup untuk pertama kalinya, perdana itu dengan penyemprotan 4 semprotan tes ke udara, jauh dari wajah Anda.Kocok sebelum priming. Juga perdana inhaler jika Anda belum menggunakannya untuk 2 minggu atau lebih, atau jika Anda telah menjatuhkan inhaler.
     Petunjuk di bawah ini adalah untuk menggunakan standar dari perangkat inhaler dan nebulizer.Dokter Anda mungkin ingin Anda untuk menggunakan perangkat berbeda.Gunakan hanya perangkat penghirup diberikan dengan obat Anda atau Anda mungkin tidak mendapatkan dosis yang benar.
 
Untuk menggunakan inhaler:
  • Kocok Ventolin tabung spray baik sebelum masing-masing.
  • Bernapaslah sepenuhnya.Masukkan mulut ke mulut Anda dan menutup bibir Anda.Tarik napas dalam perlahan-lahan sambil mendorong di atas tabung.Tahan nafas Anda selama 10 detik, kemudian bernapas secara perlahan.
  • Jika Anda menggunakan lebih dari satu inhalasi pada suatu waktu, tunggu minimal 1 menit sebelum menggunakan inhalasi kedua dan kocok inhaler lagi.
  • Ventolin inhaler menjaga bersih dan kering, dan menyimpannya dengan tutup di corong telepon. Bersihkan inhaler Anda sekali seminggu dengan menghapus tabung dan menempatkan corong di bawah air mengalir hangat selama minimal 30 detik.Shake keluar kelebihan air dan biarkan bagian untuk udara kering sepenuhnya sebelum meletakkan inhaler kembali bersama-sama.
Untuk menggunakan solusi dengan nebulizer:
  • Mengukur jumlah benar Ventolin menggunakan pipet yang disediakan, atau menggunakan nomor yang tepat ampul.Tempatkan cairan ke dalam ruang pengobatan nebulizer.
  • Pasang masker corong atau wajah ke ruang obat.Kemudian, pasang ruang obat untuk kompresor. Duduk tegak dan tempat corong ke mulut Anda, atau penutup hidung dan mulut dengan masker wajah. Bernapas perlahan dan merata sampai Anda telah menghirup semua obat (biasanya 5 sampai 15 menit).Perawatan yang lengkap bila ruang obat kosong.
  • Bersihkan nebulizer setelah setiap kali digunakan.Ikuti petunjuk pembersihan yang datang dengan nebulizer Anda.

Kandungan

Salbutamol sulfate

Indikasi

Meredakan bronkospasme berat yg berhubungan dgn asma atau bronkitis & utk pengobatan status asmatikus

Kontra Indikasi

Abortus mengancam yg tjd pd hamil trimester 1 atau 2.toksemia grabidarum, pendarahan antepartum,plasenta previa

Efek Samping

Tremor halus pd otot rangka, rasa tertekan,vasodilatasi perifer,peningkatan denyut jantung, skt kepala,kram otot sementara, reaksi hipersensitif,hipokalemia, reaksi hiperaktif pd ank. Bronkospasme paradoksikal

Perhatian

Tirotoksitotis. Preparat salbutamol yg diberikan scr inhalasi tdk sesuai utk menangani persalinan prematur. Hamil, laktasi

Dosis

Dws bronkospasme akut&episode intermiten dr asma 1-2 puff dosis tunggal.terapi pemeliharaan atau profilaksis 2 puff 3-4x/hr.utk mencegah bronkospasme yg dicetuskan mell kegiatan fisik 2 puff sblm latihan. Ank bronkospasme akut,penanganan asma episodik atau sblm latihan 1 puff. terapi pemeliharaan rutin atau profilaksis 1 puff 3-4x/hr dosis tsb dpt ditingkatkan s/d 2puff bila perlu

Interaksi

Abortus mengancam yg tjd pd hamil trimester 1 atau 2.toksemia grabidarum, pendarahan antepartum,plasenta previa

Kemasan

Abortus mengancam yg tjd pd hamil trimester 1 atau 2.toksemia grabidarum, pendarahan antepartum,plasenta previa

Tanggung Jawab Perawat dalam pemberian obat :
  • Benar Pasien
  • Benar Obat
  • Benar Dosis
  • Benar Caranya : ,inhalasi yaitu pemberian obat melalui saluran pernafasan. Saluran nafas memiliki epitel untuk absorpsi yang sangat luas, dengan demikian berguna untuk pemberian obat secara lokal pada salurannya, misalnya salbotamol (ventolin), combivent, berotek untuk asma, atau dalam keadaan darurat misalnya terapi oksigen.
  • Benar waktu
  • Benar Dokumentasi

Created By :
Adhitya Cahyo Nugroho
04.07.1743
E / KP / VII



Tidak ada komentar:

Poskan Komentar